13 Juli 2006

ILO Nobatkan Franky & Nini Karlina Jadi Duta Buruh Migran

Detikcom
13/07/2006 15:09 WIB

Chazizah Gusnita - detikcom

Jakarta - Oganisasi Buruh Dunia (ILO) mengukuhkan penyanyi balada Franky Sahilatua dan penyanyi dangdut Nini Karlina sebagai duta buruh migran Indonesia. Keduanya dipilih berdasarkan kiprah mereka yang selama ini terlibat dan membela kepentingan serta hak pekerja/buruh migran.

Penobatan kedua seniman ini dilakukan dalam acara dialog dan pengukuhan duta buruh migran Indonesia yang diadakan ILO dan Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) di Gedung Joeang, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, Kamis (13/7/2006).

Penobatan mereka juga berkat dukungan buruh migran yang merasa terwakili dengan karya-karya mereka. Asal Nini dari Banyuwangi juga diperhitungkan mengingat sebagian besar buruh migran berasal dari kota di Jawa Timur itu.

"Mereka mewakili buruh migran yang menyuarakan aspirasi mencakup perlindungan sejak buruh migran mendaftarkan diri sampai kepulangannya," kata Ketua SBMI.

Nini Karlina menyambut baik penobatan dirinya itu. Dia menyatakan, tugasnya nanti adalah memberikan informasi dan memberikan pembinaan bagaimana buruh migran itu menyimpan paspor mereka dan nomor telepon yang bisa dihubungi seperti nomor-nomor telepon SBMI.

"Jadi kalau terjadi apa-apa, bisa siap siaga," kata Nini yang mempopulerkan lagu Gantengnya Pacarku ini.

Sedangkan Franky mengaku akan mempelajari dulu kondisi para buruh migran dan menyampaikan keluhan mereka pada pemerintah. Jadi sifatnya lebih sebagai mediator. (nrl)

Tidak ada komentar:

Template Designed by Douglas Bowman - Updated to New Blogger by: Blogger Team
Modified for 3-Column Layout by Hoctro